Kontes Robot Terbang Indonesia 2016



Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) adalah agenda tahunan yang diadakan oleh Kemenristekdikti. Ajang ini mempertemukan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang menaruh minat pada dunia Unmanned Aerial System (UAS) atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

Tahun ini, 2016, Kontes Robot Terbang Indonesia diselenggarakan di Lampung. Universitas Lampung berperan sebagai perguruan tinggi tuan rumah. Tahun ini adalah penyelenggaraann keempat. Sebelumnya KRTI dilaksanakan di Bandung (2013), Surabaya (2014), dan Yogyakarta (2015). KRTI sedianya dilaksanakan akhir bulan september kemarin namun tertunda hingga 23 - 27 November ini.

Terdapat 4 kategori yang dilombakan di KRTI 2016 yaitu :

1. Fixed Wing (FW)
Pada kategori ini peserta membuat UAV berjenis fixed wing dan harus menjalankan misi mapping dan monitoring. 

2. Racing Plane (RP)
Seperti namanya, racing plane adalah ajang balapan UAV. Dalam misinya UAV harus terbang secara auto dan dapat kembali ke home.

3. Vertical Take Off dan Landing (VTOL) 
Pada kategori ini peserta menggunakan UAV berjenis rotary wing (misal hexacopter). UAV harus mampu menjalankan misi pemadaman api.

4. Technology Development (TD)
TD baru mulai diselenggarakan pada tahun ini. Pada kategori ini peserta dibebaskan untuk membuat research mengenai UAS dan UAV.

KRTI 2016 akan melibatkan banyak pihak seperti mahasiswa, dosen, instansi pemerintah, kemenristekdikti, swasta, hingga masyarakat umum. Selain menjadi katalis pengembangan teknologi UAV di Indonesia, KRTI juga bisa menjadi hiburan bagi masyarakat.

Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Macam Jenis Sayap Pesawat Terbang

Mengenal Pesawat Layang (Glider atau Sailplane)

Kulit Badan Pesawat Setipis Kaleng Sarden