Berbagai Macam Jenis Sayap Pesawat Terbang
Halo Aeromania !
Kali ini saya ingin sedikit berbagi pengetahuan tentang konfigurasi atau peletakan sayap pesawat terbang.
Saat ini pesawat terbang bermacam-macam modelnya. Semua didesain oleh para desainer handal untuk memenuhi kebutuhan misinya. Berdasarkan misinya, pesawat terbang dikategorikan menjadi bermacam-macam antara lain pesawat penumpang, pesawat tempur, pesawat aerobatik, dll.
Kalau dilihat lebih dalam, bagian pesawat terbang khususnya sayap dibuat bervariasi.
Berdasarkan peletakannya, sayap pesawat terbang dikelompokkan menjadi :
1. High wing : sayap berada di atas badan (fuselage) pesawat. Berikut contohnya
Pesawat berkode N127JD dengan konfigurasi high-wing | http://www.lancasteraerorefinishers.com/ |
Antonov Mriya 225, pesawat terbesar saat ini | http://1.bp.blogspot.com/ |
Kelebihan High-Wing :
+ Memberikan ruang lebih untuk peletakan engine (mesin) sehingga jauh dari ground.
+ Menghindarkan engine dari foreign object damage dari landasan.
+ Memiliki permukaan teraliri lebih besar sehingga performa aerodinamika lebih baik.
+ Landing gear (roda pendarat) tidak perlu besar atau panjang
+ Performa aerodinamika paling bagus.
Kekurangan High-Wing :
- Posisi tinggi menyulitkan proses perawatan.
- Struktur penyambung sayap - bada harus kuat, konsekuansinya strukturnya berat.
- Sayap bisa mengganggu kinerja aerodinamika ekor
2. Mid wing : sayap berada di tengah badan (fuselage) pesawat. Berikut contohnya :
Extra-300, sebuah pesawat aerobatik berkonfigurasi mid-wing | http://www.extraaircraft.co.uk/ |
Glider (pesawat layang) dengan mid-wing | https://upload.wikimedia.org |
+ Baik untuk pesawat aerobatik
Kekurangan Mid-Wing :
- Struktur joiner sayap - fuselage memakan tempat untuk penumpang / payload
3. Low wing : sayap berada di bawah badan (fuselage) pesawat. Berikut contohnya :
Airbus A380 pesawat penumpang terbesar di dunia saat ini | http://www.airbus.com/ |
Pesawat Piper Cherokee dengan low-wing | http://www.learntoflybecomeapilot.com/ |
+ Struktur paling efisien.
+ Perawatan relatif mudah.
+ Sayap bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan roda pendarat.
+ Area bawah pesawat besar, menguntungkan dalam pendaratan darurat di air.
Kekurangan Low-Wing :
- Rawan foreign object damage.
- Butuh sudut dihedral.
Sekian informasi beberapa konfigurasi sayap yang biasa dipakai di pesawat terbang. Nantikan info-info dirgantara selanjutnya :)
Comments
Post a Comment