Teknologi Tinggi : Concorde the Flash

Sesuai namanya 'Concorde' yang secara bahasa artinya adalah persatuan, Concorde adalah produk kerjasama Inggris (BAe) dan Perancis (Aerospatiale). Sampai saat ini Concorde adalah pesawat jet penumpang tercepat yang pernah dibuat. Pesawat ini dapat terbang mencapai 2 kali kecepatan suara atau biasa disebut dengan istilah Mach 2.04 (2180 km/h). Sebagai catatan, pesawat jet penumpang modern saat ini terbang pada kecepatan maksimal sekitar Mach 0.8 (850 km/h). Concorde dapat menangkut 92 hingga 128 penumpang dalam penerbangannya.

Pesawat Concorde, sumber : Wikipedia

Sejarah
Concorde dibuat berdasarkan kerjasama Anglo-French Treaty dan dimanufaktur oleh British Aircraft Coorporation (BAC, sekarang BAe) dan Aerospatiale. Pesawat ini diperkenalkan dan menjalani terbang perdananya pada 1969 lalu resmi digunakan menjadi pesawat komersial pada 1976. Maskapai yang banyak menggunakan pesawat ini adalah British Airways serta Air France. Braniff International Airways dan Singapore Airlines juga memiliki pesawat ini masing-masing 1 buah.

Setelah mengudara selama 34 tahun, Concorde dipensiunkan tepatnya pada November 2003. Sejak itu Concorde tidak lagi melayani aktivitas penerbangan dan disimpan di museum. Alasan tidak dilanjutkannya proyek Concorde adalah isu lingkungan karena borosnya bahan bakar, suara terlalu bising, dan emisi yang besar. Namun, Concorde sampai saat ini menjadi kebanggaan Inggris dan Perancis sekaligus menjadi simbol persatuan.



Desain
Kebutuhan untuk bisa terbang hingga 2 kali kecepatan suara menjadikan Concorde memiliki desain yang berbeda dibandingkan pesawat komersial yang ada saat ini. Concorde memiliki body (fuselage) yang sempit dengan konfigurasi tempat duduk 2-2 (pesawat narrow body saat ini berkonfigurasi 3-3). Tujuan dibuat fuselage berdiameter kecil adalah untuk mengurangi gaya hambat (drag) ketika terbang.

Sayap Concorde juga berbeda dengan pesawat komersial modern. Pesawat ini memiliki konfigurasi sayap delta wing (berbentuk segitiga). Bentuk ini sesuai untuk pesawat supersonik sehingga banyak pula digunakan pada pesawat tempur. Selain untuk kecepatan tinggi, konfigurasi ini juga baik untuk bermanufer

Bentuk moncong pesawat Concorde lancip dan berbelok tidak lurus dengan sumbu badan pesawat. Bentuk ini dibuat untuk keperluan rekayasa shockwave (gelombang kejut). Pesawat yang terbang melebihi kecepatan suara akan mengalami shock wave. Shock wave ini diatur sedemikian rupa agar tidak menghasilkan gaya hambat yang terlalu besar. Rekayasa ini dilakukan dengan mengatur bentuk nose. Konfigurasi nose seperti ini juga digunakan pada pesawat tempur supersonik. Selain untuk keperluan aerodinamika di atas, bentuk drop-nose ini juga bertujuan meningkatkan visibilitas pilot.



Concorde adalah sebuah terobosan di dunia penerbangan sekaligus simbol persatuan dan kebanggan negara. Dilihat dari sisi positif dan negatifnya, pesawat ini tetap layak mendapat apresiasi.


Comments

Popular posts from this blog

Berbagai Macam Jenis Sayap Pesawat Terbang

Mengenal Pesawat Layang (Glider atau Sailplane)

Kulit Badan Pesawat Setipis Kaleng Sarden